Senin, 24 November 2014

Tips Mengatasi Jet Lag

Jet Lag sering kali dialami sebagian besar pelancong yang melakukan perjalanan keluar negeri yang memiliki perbedaan waktu yang cukup berbeda jauh antara negara asal dengan negara yang dituju.

Akibatnya karena tidak terbiasa dengan hal tersebut sehingga terjadi gangguan atas sekelompok fungsi waktu Biologis. Saat terjadi perbedaan waktu,pola alamiah tubuh terganggu. Gejala-gejala Jet Lag termasuk kantuk di siang hari,insomnia dimalam hari, sakit kepala, sembelit ataupun diare, tidak konsentrasi, lapar disaat yang tidak tepat bahkan bisa mengurangi nafsu makan dan mudah marah.

Beberapa poin dibawah ini Tips Mengatasi Jet Lag untuk anda yang mungkin berencana melakukan perjalanan keluar negeri yang memiliki perbedaan waktu yang jauh dengan negara asal kita :

    1. Aturlah Jam internal anda.
Beberapa hari sebelum anda berangkat setidaknya 3-4 hari sebelumnya. Lakukan bertahap untuk melatih diri kita dengan mengubah waktu tidur dan waktu makan kita berdasarkan waktu negara yang akan kita tuju. Hingga saat nanti anda tiba di tempat yang dituju kita mudah beradaptasi dengan keadaan dan kondisi waktu setempat.

   2. Pilihlah penerbangan malam hari
kenapa ?? karena anda akan mengalami makan malam dengan waktu yang normal serta lebih mudah untuk tidur dipenerbangan malam hari dibandingkan siang hari. Tidur ketika diperjalanan sangat bisa membantu menyegarkan tubuh saat tiba di tempat tujuan, sehingga ketika tiba kita tidak merasa keletihan akan perjalanan yang baru saja ditempuh.

   3. Minum Air yang cukup
Minumlah air putih setidaknya dua liter setiap jamnya meskipun anda tidak haus. karena perjalanan udara menyebabkan dehidrasi akibat perubahan ketinggian udara. Jika kebetulan anda menggunakan kontak lens, lepaskanlah kontak lens anda sebelum penerbangan.

   4. Hindari alkohol serta kurangi minum kopi 12 jam sebelum keberangkatan.
Sebelum perjalanan jangan konsumsi alkohol karena alkohol dapat menyebabkan kita akan cepat kehausan karena udara di kabin menyebabkan dehidrasi dan perubahan ketinggian di udara mempercepat efek alkohol bagi tubuh kita. kemudian selama perjalanan hindari kafein dan makan berlebihan. karena kafein bisa menyebabkan anda akan sering terbangun ketika tidur dan mengurangi jumlah waktu tidur anda. ini sangat membantu dalam mengatasi masalah jetlag

   5. Cobalah tidur dipenerbangan
penerbangan udara yang bisa menghabiskan waktu berjam-jam lamanya sungguh sangat melelahkan. cobalah untuk tidur jika anda terbiasa menggunakan obat tidur ,gunakanlah dengan dosis yang tepat.

   6. Setalah tiba, jalan-jalanlah keluar
menghabiskan waktu dibawah sinar matahari dapat membantu tubuh menyesuaikan diri dengan lingkungan dan waktu yang baru.

   7. Jangan tidur terlalu dini
Kecuali jika tiba di tempat tujuan pada malam hari dan cukup dekat dengan waktu tidur normal.

Demikian tips mengatasi jetlag ini saya sampaikan .
Untuk Info perjalanan wisata tour Domestik dan Internasional serta info Haji dan Umroh bisa menghubungi kami Cheria Wisata Maros-Makassar.
Alamat : Jl. Jenderal sudirman no.14 kab . Maros-Makassar
contact : 0411-299-0000 atau 0813 4364 6411

safe flight !!!


0 komentar:

Posting Komentar